TERDAPAT PERBEDAAN MINYAK GORENG KEMASAN DENGAN MINYAK GORENG CURAH

Minyak goreng merupakan salah satu kebutuhan bahan pokok bagi sebagian besar penduduk indonesia karena banyak menu makanan yang memakai minyak goreng untuk memasaknya baik dalam jumlah sedikit maupun banyak. inyak goreng akan memberikan citarasa dan aroma yang lebih lezat, serta penampilan yang lebih menarik jika dibandingkan proses memasak makanan yang direbus atau dikukus. Selain itu, minyak goreng akan membuat makanan menjadi renyah, kering, dan berwarna keemasan atau kecoklatan.

Minyak goreng ada beberapa jenis diantaranya minyak goreng kemasan dan minyak goreng curah. Terdapat perbedaan minyak goreng kemasan dengan minyak goreng curah pada minyak kemasan dalam udara yang dingin tidak akan mudah membeku sedangkan minyak curah pasti membeku jika terkena udara dingin sedikit saja.

Minyak goreng dengan kadar lemak jenuh yang tinggi akan membeku jika terkena udara dingin, jadi jika kita membandingkan dua macam minyak kemasan tinggal dimasukkan ke dalam freezer dalam tempo tertentu kemudian bandingkan hasilnya, bandingkan dari keduanya mana yang paling banyak membeku. Maka yang paling banyak bagian yang beku berarti kualitasnya kurang bagus.

Minyak goreng yang baik adalah yang jernih, tidak berbau dan berwarna kekuningan. Persaingan antar industri minyak goreng saat ini membuat masing-masing merek mengklaim terbaik dengan klaim dua kali penyaringan, lima kali penyaringan bahkan ada yang dalam iklannya minyak goreng tersebut bisa diminum.

Minyak goreng curah berbeda dengan minyak goreng bermerek seperti filma, bimoli dan sebagainya. karena minyak goreng bermerek dua kali penyaringan sedangkan minyak goreng curah proses penyaringan hanya satu kali saja. Sehingga dari warnanya berbeda dengan minyak goreng bermerek yang lebih jernih dibanding minyak goreng curah. dari segi kandungan minyak curah kadar lemaknya lebih tinggi dna juga kandungan asam oleat dibanding minyak kemasan. minyak curah hanya mengalami penyaringan sampai tahap olein. dan masih mengandung soft stearin (minyak fraksi padat) pada tingkat tertentu. oleh karena itu minyak curah biasanya lebih keruh dibanding minyak bermerk.

Kondisi minyak goreng curah yang terdapat di pasar dan dikelola oleh distributor disimpan di tempat terbuka dan dalam bentuk silo atau drum. minyak goreng curah dalam bentuk tersebut dicampur dari berbagai produsen. hal ini menyebabkan kekaburan siapa yang memproduksi sehingga menyulitkan untuk dilakukan ketelususran produk tersebut kondisi tersebut rawan terjadinya pengoplasan..

Berkah Kulina Nusantara
Agen Minyak Goreng Surabaya

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s