TIDAK ADANYA PERBEDAAN KANDUNGAN NUTRISI PADA BERAS PREMIUM MAUPUN MEDIUM

Beras merupakan salah satu paling penting yang di butuhkan manusia untuk dikonsumsi. Meskipun beberapa negara didunia kebutuhan pokoknya sudah mulai beralih pada produk gandum, namun masyarakat Indonesia masih sangat bergantung ada beras sebagai kebutuhan pokok untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Konsumsi beras di Indonesia semakin meningkat setiap tahunnya seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk Indonesia.

Beras yang biasa ditemui di pasaran memang memiliki jenis berbeda-beda. Namun biasanya masyarakat lebih mengenal dengan istilah beras medium dan beras premium. saat ini masyarakat banyak yang mengonsumsi beras premium beras premium memiliki beberapa perbedaan yang sangat menonjol dari beras medium diantaranya dari segi warna, beras premium memiliki warna yang cerah dibanding dengan beras medium.

Dari sisi butiran yang patah (broken), beras premium memiliki tingkat kepatahan hanya 0-10%. beras premium tidak akan ditemukan bulir beras yang bercampur kotoran seperti batu atau gabah. dan kualitas nasi yang dihasilkan oleh beras premium memiliki tampilan nasi yang lebih pulen dan rasa yang lebih nikmat dari pada beras medium karena kadar air yang dimiliki lebih sedikit darpada beras medium.

Meskipun kandungan yang terdapat dari beras premium dan medium Tidak ada perbedaan kandungan zat gizi dalam beras lokal biasa maupun premium yang membedakannya hanyalah kualitas dari aspek tampilan saja. 100 gr beras putih lokal premium atau medium yang diolah menjadi nasi dapat dikatakan sama-sama memiliki kandungan nutrisi sebesar 180 Kkal energi, 3 gr protein, 0,3 gr lemak dan 39,8 gr karbohidrat. Ini berarti tak ada perbedaan nutrisi pada keduanya.

Selain itu, sebaiknya jangan menyimpan beras terlalu lama karena hal ini dapat menyebabkan beras berubah warnanya menjadi kuning kecoklatan. Hal ini dapat menimbulkan pertumbuhan jamur dalam beras tersebut yang nantinya akan berdampak pada kesehatan. dan selain itu Jangan sampai lupa menutup kembali ketika selesai mengambil beras. Jika tak ditutup, beras akan menyerap air dan akan menimbulkan jamur yang ditandai dengan beras menggumpal. harus memastikan apakah tempat penyimpanan ini tahan terhadap karat atau tidak. Sebab bila tempat penyimpanan beras kita mudah berkarat maka juga akan berakibat menurunkan kualitas beras.

Berkah Kulina Nusantara
Supplier Beras Surabaya

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s