CARA MENGELOLAH BUNTUT DAN LIDAH SAPI

Lidah sapi merupakan bagian dari daging sapi yang berasal dari lidah. Biasanya daging ini digunakan sebagai bahan dasar makanan untuk sate padang dan semur lidah. Lidah sapi yang enak biasanya memiliki tekstur yang empuk kenyal. Rasanya yang gurih dengan tambahan bumbu segar, bisa jadi sajian yang lezat. Jika hari ini ingin masak lidah sapi, inilah beberapa cara proses pemasakannya agar lidah yang dihasilkan empuk sempurna. Cuci lidah sapi Sebelum hendak memasak lidah sapi, sebaiknya pilihlah lidah sapi yang masih segar. Buang tulang lunak lidahnya. Cuci lidah hingga bersih di bawah air mengalir untuk menghilangkan kotoran dan lendir yang menempel di permukaan lidah. Untuk memberihkan bagian yang kasar, Anda juga dapat mencelupkannya ke dalam air panas, setelah itu bersihkan bagian kasarnya.

Kupas kulitnya

Untuk memudahkan mengupas kulit ari bagian luar lidah. Didihkan air secukupnya dalam panci. Celupkan lidah dalam air mendidih. Biarkan beberapa menit. Angkat kemudian segera kelupas bagian kulit luar lidah yang kasar hingga lidah bersih. Cara praktis Untuk menghasilkan tekstur lidah yang empuk, Anda dapat memasaknya dengan panci bertekanan tinggi. Hal ini dapat menghemat waktu memasak. Beri sedikit air hingga lidah tenggelam kemudian masak sekitar 45 menit sejak panci berdesis.

Bumbu

Saat memasak tambahkan dengan lengkuas, daun salam, dan daun jeruk. Bumbu ini dapat Anda campurkan saat mempresto lidah agar menghasilkan aroma yang harum dan tak berbau amis. Setelah selesai direbus dan daging empuk, Anda dapat mengolahnya sebagai tumis lidah, lidah cabe hijau, lidah saus merica atau bistik lidah.

Selain itu ada juga buntut sapi adalah bagian ekor dari tubuh sapi. biasanya bagian ini disajikan sebagai hidangan sup buntut. Buntut sapi merupakan bagian sapi yang disukai banyak orang. Karena banyak mengandung tulang, buntut sapi perlu diolah dengan trik tertentu. Buntut dan lidah sapi merupakan makanan yang banyak digemari oleh masyarakat. Buntut sapi dikenal dengan teksturnya yang empuk dan sedikit kenyal. Untuk mengolahnya agar hasilnya enak dan empuk, perhatikan beberapa hal berikut ini Pemilihan buntut sapi Buntut sapi ada yang berasal dari sapi impor atau lokal.

Buntut sapi yang impor mengandung banyak lemak. Sedangkan buntut sapi lokal lebih sedikit lemaknya dan dagingnya lebih tebal. Potong-potong buntut setebal 2 cm. Minta tukang daging memotongnya atau beli yang sudah dipotong. Jika lemak terlalu tebal, buang lemak yang ada di keilingnya.

Didihkan air. Untuk 1 kg buntut sapi, didihkan 2 lliter air. Masukkan buntut sapi dan kecilkan api, didihkan hingga ada buih kecokelatan di permukaannya. Angkat buih. Tambahkan 2 lembar daun salam. Didihkan hingga kaldu bening dan daging buntut lunak. Jika ingin lebih singkat, rebus dalam panci bertekanan (pressure cooker). Hitung 40 menit setelah panci berdesis.

Jika akan dibuat sup buntut, tumis 1/2 buah bawang bombay yang dicincang halus dan 3 siung bawang putih yang dicincang kasar. Masukkan ke dalam rebusan buntut. Tambahkan merica bubuk, pala bubuk, garam dan sedikit gula pasir. Masak beberapa saat hingga bumbu meresap dan buntut benar-benar empuk.Untuk sup, tambahkan wortel, kentang, tomat, daun bawang dan daun seledri. Masak hingga semua sayuran lunak. Sajikan dengan taburan bawang merah goreng. Jika akan dibuat buntut bakar. Setelah buntut lunak, tiriskan dan olesi dengan bumbu dan sedikit kecap lalu bakar di atas bara api hingga agak kering. Kuah buntut bisa disajikan sebagai pelengkapnya.

Berkah Kulina Nusantara
Supplier Buntut dan Lidah Sapi Surabaya

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s