ADANYA PERBEDAAN ANTARA DAGING AYAM DENGAN DAGING BEBEK

Bangsa unggas itu sebenernya ada banyak seperti burung, kalkun, dll tapi kita bahas yang paling umum jadi santapan kita yaitu ayam dan bebek. Adapun perbedaan antara daging ayam dengan daging bebek. Warna daging ayam umumnya berwarna putih pucat dengan serat dagan serat daging halus. warna lemak kekuning-kuningan dengan konsistensi lunak. bau sedikit amis sampai tidak berbau. daging bebek yang baik untuk dikonsumsi memiliki ciri-ciri sebagai berikut Struktur daging kenyal dengan daging putih bersih. mata masih segar atau tidak sayup. saat di potong darah masih segar.

Manfaat mengonsumsi daging bebek adalah untuk mencegah anemia, membantu meningkatkan sistem imun, serta sebagai sumber protein yang baik. Manfaat mengonsumsi daging Ayam merupakan salah satu sumber protein terbaik yang membantu membangun dan memelihara struktur dalam tubuh yang juga memecah racun. Daging ayam dianggap sebagai makanan yang memberikan rasa nyaman dan lega karena asam amino tryptophan. Ini meningkatkan kadar serotonin di otak dan meningkatkan suasana hati. dan juga aging ayam mengandung senyawa seperti selenium yang mampu melawan penyakit. Selain itu, hal tersebut juga memiliki antioksidan yang memiliki efek positif pada penyakit degeneratif seperti radang, masalah kardiovaskular, dan neurologis.

Adapun Kalori yang dimiliki oleh daging ayam dan bebek yaitu Dalam 1 ons daging ayam segar bagian dada mengandung 172 kalori, sedangkan daging bebek mengandung 211 kalori. Jumlah lemak sebanding dengan jumlah kalori yang dihasilkannya. Karena bebek memiliki lebih banyak kalori maka daging bebek juga lebih banyak kandungan lemaknya sebesar 15 gram dalam 1 ons daging. Sedangkan ayam hanya memiliki kandungan lemak sebesar 9 gram. Dan untuk kandungan lemak jenuhnya, daging bebek juga cukup tinggi yakni sebesar 5 gram per porsi, dan daging ayam sebesar 2,7 gram per porsi.

Kolesterol Sama halnya dengan kandungan lemak dan kalorinya, daging bebek juga mengandung lebih banyak kolesterol. Kolesterol dalam daging bebek sebesar 80 mg, sedangkan pada daging ayam sebesar 64 mg. Protein Protein dalam daging ayam dan bebek tidak berbeda jauh nilainya. Protein daging bebek sekitar 20 gram dan daging ayam sekitar 22 gram per porsi. Mineral Daging bebek memiliki zat besi yang tinggi hingga mampu memenuhi sekitar 50 % kebutuhan harian zat besi dalam tubuh orang dewasa.

Sedangkan daging ayam hanya memenuhi sekitar 9% dari kebutuhan harian kita. Selain mengandung zat besi, daging bebek dan daging ayam juga mengandung zat fosfor. Satu porsi daging ayam mampu memenuhi kebutuhan harian tubuh akan zar fosfor sebanyak 25% dan bebek memenuhi hingga 36% kebutuhan fosfor harian pada manusia dewasa. Vitamin yang banyak terdapat pada daging unggas adalah vitamin B. Vitamin B-Niacin pada dagign ayam mampu memenuhi hingga 60% kebutuhan harian tubuh orang dewasa. Sedangkan daging bebek hanya mampu mensuplai 22% vitamin B-Niacin bagi tubuh. Meskipun kandungan vitamin B-Niacin daging bebek lebih sedikit tetapi dalam 1 porsi daging bebek mengandung lebih banyak vitamin B secara umum daripada daging ayam.

Berkah Kulina Nusantara
Supplier Ayam di Surabaya

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s