ADANYA PERBEDAAN DAGING SAPI & DAGING KERBAU

Daging Kerbau dan Daging Sapi merupakan jenis daging merah (red meat) yang merupakan sumber protein hewani bermutu tinggi yang perlu dikonsumsi oleh masyarakat baik anak-anak, remaja maupun orang dewasa untuk memenuhi kebutuhan gizinya sehingga dapat tumbuh lebih sehat dan produktif. Secara penampilan fisik kedua jenis daging ini nampak mirip atau serupa namun apabila diperhatikan lagi secara seksama maka akan terlihat perbedaan yang amat jelas antara daging sapi dan daging kerbau.

Daging Sapi mengandung energi sebesar 207 kilokalori, lemak 14 gram, kalsium 11 miligram, protein 18,8 gram, fosfor 170 miligram, zat besi 3 miligram dan karbohidrat 0 gram. Daging Sapi juga terkandung vitamin A sebanyak 30 IU, vitamin C 0 miligram dan vitamin B1 0,08 miligram. Hasil tersebut didapatkan dari melakukan sebuah penelitian terhadap 100 gr Daging Sapi, dengan jumlah yg dapat dikonsumsi sebanyak 100 %.

Sedangkan di dalam Daging Kerbau mengandung energi sebesar 84 kilokalori, karbohidrat 0 gram, protein 18,7 gram, lemak 0,5 gram, fosfor 151 miligram, zat besi 2 miligram dan kalsium 7 miligram. Daging Kerbau juga terkandung vitamin A sebanyak 0 IU, vitamin C 0 miligram dan vitamin B1 0,02 miligram. Hasil ini di dapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gr Daging Kerbau, dengan jumlah yg bisa dikonsumsi sebanyak 100 %.

Perbedaan Daging Sapi Dengan Daging Warna merah bisa terang/pucat ataupun warna merah keungu-unguan, warna kecoklatan dan daging sapi akan berubah menjadi warna chery bila daging sapi tersebut terkena oksigen. Selain itu serabut daging sapi halus tetapi tidak mudah hancur dan agak sedikit berlemak Konsistensi liat, jika pada saat dicubit seratnya terlepas maka daging sapi tersebut sudah tidak baik. Lemak yang terdapat pada daging sapi berwarna kekuning-kuningan dan bau, rasa aromatis daging sapi.

Sedangkan Warna daging kerbau lebih merah dari daging sapi dan Serabut otot kasar, lemak yang terdapat pada daging kerbau berwarna putih. dan rasa daging kerbau hampir sama dengan rasa daging sapi, pada umumnya daging kerbau lebih liat, karena umumnya disembelih pada umur tua.

Berkah Kulina Nusantara
Supplier Daging Sapi Surabaya

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s