PERANAN PEMASARAN AGEN SEMBAKO

Distributor merupakan salah satu jenis usaha yang kegiatan operasional utamanya adalah untuk proses penyaluran barang dari produsen agar bisa sampai ke tangan para konsumen akhir. Produsen (principal) adalah sebuah organisasi perusahaan yang melakukan kegiatan produksi, dan para penyalur yang akan melakukan kegiatan distribusinya biasa disebut dengan Distributor. Distributor merupakan salah satu jenis dari pelaku usaha dan Distributor adalah sebuah badan perseorangan yang memiliki kemampuan untuk membeli produk dalam jumlah besar (partai/grosir) dan bertugas untuk menyalurkannya kepada setiap sub-sub distributor atau badan yang berada dibawah distributor, yaitu para pengecer langsung (ritel) yang nantinya akan langsung menyalurkannya kepada konsumen akhir.

Sebuah perusahaan distributor adalah sebagai perantara utama yang nantinya akan langsung menyalurkan produk dari pabrikan (manufacturer) kepada para pengecer (retailer). Setelah suatu produk selesai dihasilkan oleh pabrik, maka produk tersebut akan langsung dikirimkan dan biasanya akan sekaligus dijual kepada suatu distributor, kemudian distributor tersebutlah yang akan menjualnya kembali kepada para pengecer (retailer) dan retailer inilah yang nantinya berperan sebagai penjual terakhir yang langsung mencapai sasaran kepada para pelanggan akhir (konsumen akhir).

Distribusi merupakan kegiatan ekonomi yang menjembatani kegiatan produksi dan konsumsi. Karena bantuan dari distribusi, barang akan bisa sampai ke tangan para konsumen, Dengan demikian manfaat dari barang dan jasa akan menjadi lebih meningkat setelah dapat dikonsumsi. Distributor diperkenankan untuk menaikan harga jual dan mengambil keuntungan dari penjualan tersebut. Agar bisa mendapatkan keuntungan yang jauh lebih besar, maka diperlukan adanya strategi distribusi yang lebih tepat untuk menyalurkan barang dagangannya ke tangan para konsumen (retailer) dan konsumen akhir.

Produk sembako ini merupakan produk yang mampu memenuhi kebutuhan konsumen sehari-hari. Cara distributor menjual produk sembako murah ini tentu dilakukan dengan menawarkan berbagai macam produk sembako untuk memenuhi kebutuhan konsumennya. Cara distributor menjual produk sembako murah dapat dengan menawarkan produk terikat sehingga konsumen harus membeli produk terikat atau produk dalam satu paket untuk mendapatkan harga murah.

Contohnya konsumen tidak bisa membeli hanya satu produk saja seperti mie instant, melainkan harus membeli bersama produk lainnya seperti tepung, kopi, dan penyedap rasa yang masih dalam satu paket pembelian untuk mendapatkan harga murah. Cara distributor menjual produk sembako murah dapat dengan memberikan diskon atau minimum order.

Cara ini merupakan cara yang paling banyak dilakukan oleh distributor apapun, bahkan samapi konsumen biasa juga pasti akan lebih memilih belanja lebih banyak untuk mendapatkan harga yang lebih murah. Cara distributor menjual produk sembako murah dengan menggunakan metode cross selling. Cross selling ini merupakan cara untuk menjual produk sembako murah dengan melakukan persilangan produk. Cara cross selling ini hampir sama dengan cara produk terikat, namun tetap saja berbeda. Cara cross selling ini akan menawarkan produk lain selain produk yang diinginkan namu memiliki jenis yang sama dengan harga yang berbeda.

Contohnya ketika konsumen memilih satu produk kopi bergambar kapal, lalu ditawarkan produk kopi lainnya yang bergambar hewan dengan harga yang lebih murah. Maka konsumen tentu akan lebih memilih produk kopi bergambar hewan yang harganya lebih murah. Konsumen dapat membeli produk tersebut tanpa ada minimum order ataupun terikat dengan produk lainnya. Cara tersebut dapat digunakan juga oleh penjual retail karena tidak semua distributor menggunakan semua cara tersebut. Bahkan beberapa distributor hanya menggunakan salah satu cara dalam mendistribusi dan menjual produknya.

Produk sembako merupakan produk yang paling baik karena memiliki percepatan penjualan yang sangat baik. Apalagi jika produk sembako ini memiliki harga yang murah akan menjadi produk unggulan yang paling diminati oleh banyak konsumen. Semakin banyak permintaan konsumen terhadap suatu produk sembako maka akan semakin meningkatkan penjualan distributor dalam melakukan distribusi dan penjualan. Dan distributor pun harus dapat memperluas wilayah distribusi untuk menjangkau lebih banyak lagi konsumennya. Sehingga dengan begitu akan adanya pemerataan produk sembako murah yang sesuai dengan keinginan masyarakat banyak.

Sembako merupakan kebutuhan pokok semua orang yang tentu sudah pasti akan laku di pasaran. Sembako sendiri merupakan singkatan dari sembilan bahan pokok. Bahan pokok yang ada dalam sembako meliputi: Beras (ataupun pengganti beras seperti jagung, sagu, singkong, dll), Gula pasir, Garam, Telur ayam, Daging yang meliputi ayam, ikan, daging sapi, kambing, dll, Sayuran & buah-buahan, Minyak goreng, mentega, margarine, Susu, dan Gas LPG (termasuk minyak tanah), namun minyak tanah saat ini sudah sedikit diproduksi dan fungsinya sudah dialihkan ke penggunaan gas LPG (agar lebih hemat dan ramah lingkungan).

Kebutuhan masyarakat akan sembako (sembilan bahan pokok) menjadi lahan bisnis yang cukup menguntungkan bagi Anda. Tidak seperti peluang bisnis lainnya, bisnis sembako tidak mengenal kata musiman. Sebab produk sembako akan tetap dibutuhkan masyarakat setiap hari. Walaupun semakin meningkatnya harga sembako, tidak menurunkan minat masyarakat untuk membeli sembako, karena mungkin sembako sudah menjadi makanan utama masyarakat.

Menjadi agen sembako adalah salah satu jenis pekerjaan yang cukup menjanjikan. Ini wajar mengingat kebutuhan masyarakat akan sembako tidak ada habisnya. Bahkan setiap tahun bisa dibilang kebutuhan sembako selalu saja meningkat. Peningkatan ini selaras dengan semakin banyaknya jumlah masyarakat di Indonesia.

Sembako jelas dibutuhkan semua orang setiap hari. Maka peluang usaha distribusi akan selalu menjadi peluang yang besar untuk mengembang. Anda bisa menjadi distributor untuk beberapa jenis sembako sepert beras, gula dan telur misalnya. Tiga jenis produk itu bakal selalu dibutuhkan orang setiap hari. Hanya saja Anda harus memiliki daya saing yang kuat dengan distributor lainnya karena ‘pemain’ dalam bisnis ini sanat banyak jumlahnya. Anda harus punya strategi jitu terutama dalam hal harga. Soalnya salahsatu kunci bisnis sembako adalah bisa menawarkan harga yang lebih murah dibanding tempat lain yang juga melakuka distribusi sebagaimana Anda.

Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk strategi pemasaran dalam bisnis sembako yaitu sebagai berikut :

1.Harga yang bersaing

Faktor utama yang sangat berpengaruh didalam bisnis sembako adalah masalah harga. sudah menjadi hal yang alami di dalam masyarakat yang sellau mencari barang dengan harga yang paling murah tapi mendapatkan kualitas yang bagus. hal ini wajar apabila setiap orang akan mencari toko smebako yang menjual sembako dengan harga termurah. atau setidaknya masyarakat akan membandingkan harga toko yang satu dengan yang lainnya. untuk itu, dalam mengelola bisnis sembako yang patut diperhatikan harga yang ditentukan. jangan karena ingin laba yang besar lalu kita mematok harga yang tinggi diatas harga kulakan. sudah sepantasnya untuk menetapkan harga yang wajar dari harga kulakan sembako. meskipun nantinya laba yang kita dapat sedikit, tetapi jika dengan begitu banyak orang yang membeli ke toko kita maka laba yang besar pun akan mudah kita dapatkan. hal ini terjadi ketika barang yang kita jual dapat dengan cepat dan mudah terjual habis. itulah bagaimana penetapan harga dalam bisnis sembako, karena semua barang ini merupakan barang kebutuhan masyarakat sehari-hari terutama para ibu rumah tangga untuk memutar otak gna menggunakan keuangan keluarga. dan hal pertama yang ada di dalam pikiran mereka adalah untuk membeli barang yang paling murah. mereka akan tetap mencari barang dengan harga yang murah meskipun hanya dengan selisih sedikit namun akan tetap dicari.

2.Kualitas produk

Selain harga yang menjadi penentu keberhasilan pengelolaan bisnis sembako, faktor yang kedua yang patut diperhatikan dan dijaga untuk mencapai kesuksesan adalah menjaga kualitas produk yang dijual. penjual pun harus memutar otak untuk menemukan cara jitu menjaga kualitas produk namun masih tetap dapat memberikan harga yang terjangkau kepada para pembeli. hal ini bukanlah hal yang mudah dilakukan namun memang harus dilakukan. kualitas produk memang wajib dijaga. jangan sampai produk yang dijual tampak bagus di luar namun ternyata di dalamnya atau ketika dipakai menunjukkan kualitasnya yang sebenarnya yaitu kualitas yang tidak sebaik diluar. hal ini membuat konsumen menjadi suka akan produk yang kita jual. bahkan jika kita terus menjaga kualitas produk yang kita pasarkan maka lambat laun para pembeli kita akan loyal terhadap kita. mereka akan terus belanja sembako di toko dan merasa ogah untuk berpindah ke tempat yang lain. dengan ini tentunya keuntungan besarlah yang akan kita dapatkan.

3.Pelayanan yang bagus

Selain harga dan kualitas produk yang harus kita jaga, satu hal lagi yang akan menjadi penentu kesuksesan kita dalam menjalankan bisnis sembako ini adalah pelayanan. sebagai penjual haruslah benar-benar memberikan perhatian yang besar terhadap hal pelayanan ini. produk harus sampai ditangan konsumen dengan proses yang memuaskan di mata pembeli. jangan sampai membuat konsumen merasa tidak nyaman atau bahkan kecewa dengan pelayanan yang kita berikan. sistem pelayanan ini dapat berkaitan mengenai hal pendistriusian barang atau mengenai service yang kita berikan. pendistribusian sangat berkenaan dengan orang atau pegawai yang bertugas. merek semuanya harus dapat menempatkan pembeli sebagai raja. dengan mengutamakan kebutuhan dan kepuasan mereka.

Berkah Kulina Nusantara
Supplier Sembako Surabaya

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s