TERDAPAT BEBERAPA PERBEDAAN AYAM AYAM NEGERI DAN AYAM KAMPUNG

Daging ayam merupakan sumber protein yang baik dengan kandungan lemak yang cenderung lebih rendah daripada daging sapi. ayam terbagi menjadi dua jenis yaitu ayam kampung dan ayam negeri. Ayam negeri atau ayam rasa atau ayam broiler paling disukai orang. Ini karena dagingnya berlemak dan mudah lunak saat diolah. Lapisan lemak pada kulit ayam membuat rasanya lebih gurih saat diolah.

Bentuk karkasnya lebih tebal dan gemuk serta kulitnya merah muda hingga putih pucat. Selain mengandung banyak lemak juga air. Karenanya saat membeli pilih ayam yang sudah ditiriskan.

Ciri-ciri ayam kampung yaitu ayam ini cenderung memiliki daging yang tebal, kurus serta terkadang akan terlihat tulangnya, memiliki tulang yang panjang, warna dagingnya tidak secerah warna daging ayam negeri, daginya akan terasa keras saat dipegang dan terasa tipis tulangnya pun keras, kalau di masak biasannya membutuhkan waktu yang sangat lama dua kali lebih lama dibanding ayam negeri. namun rasanya lebih gurih dan nikmat untuk jenis masakan nusantara.

sedangkan ciri-ciri ayam negeri yaitu Jenis ayam Negeri atau Broiler cenderung memiliki tubuh yang gemuk dan lebih tebal dagingnya. Mungkin bila dbandingkan dengan ayam kampung, faktor gaya hidup berbedalah yang membuat perbedaan bobot antara keduanya. Karena memang ayam negeri tinggalnya di peternakan yang membuat aktivitas dari ayam ini hanyalah makan dan tidur, dan juga kurang bergerak dan Ayam Negeri cenderung mempunyai kulit yang mengkilap dengan lebih rapuh.

Sementara itu di bagian ekor dan leher akan terlihat banyaknya lemak. Warna dagingnya cerah, terang dan cenderung berwarna putih. Keempukan dagingnya pun akan terasa bila ditekan serta akan cepat matang bila dimasak.

Terdapat pula Perbedaan Ayam Negeri Dan Ayam Kampung pada telur ayam kampung asli atau ayam bukan ras berasal dari ayam yang berkembangbiak dan hidup secara liar. Jenis ayam ini mengkonsumsi makanan dari alam seperti serangga, ulat dan biji-bijian. Sedangkan, ayam negeri atau ayam leghorn atau horn atau disebut juga ayam ras merupakan hasil perkembangbiakan dari peternakan dan diberi makanan/pakan yang sudah diberi vitamin dan nutrisi. Telur ayam kampung asli memiliki berat sekitar 26,27 gram sampai 55,4 gram dengan ukurannya lebih kecil jika dibandingkan dengan telur ayam negeri. Karena telur ayam kampung asli jumlahnya tidak banyak, harga telur ayam kampung asli jauh lebih mahal dari pada telur ayam negeri.

Perbedaan pakan antara ayam kampung asli dan ayam negeri pun punya andil dalam kandungan nutrisi didalamnya. Dalam 100 gr telur ayam negeri mengandung protein 12,4 gram, energi sebesar 154 kkal, karbohidrat 0,7 gram, kalsium 86 miligram, zat besi 3 miligram dan lemak 10,8 gram.

Selain itu dalam supplier telur ayam negri juga terkandung vitamin A sebanyak 200 IU dan vitamin B1 0,12 miligram. Sedangkan, telur ayam kampung asli mengandung protein 12.49 g, lemak 10.02g, energi 149 kkal, vitamin A 635 IU dan karbohidrat 1.22 g. Karena kandungan proteinnya yg lebih tinggi, maka telur ayam kampung asli sangat baik digunakan sebagai campuran jamu, Sedangkan telur ayam negri paling banyak digunakan untuk membuat kue atau biskuit karena harganya lebih murah.

Supplier Ayam Potong Surabaya
Berkah Kulina Nusantara

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s