TIPS MEMILIH AYAM KARKAS DAN PENYIMPANANNYA

Karkass ayam adalah bobot tubuh ayam setelah dipotong dikurangi kepala, kaki, darah, bulu, sertaorgan dalam. Kualitas karkas dan faging dipengaruhioleh faktor sebelum pemotongan yaitu genetik, spesies, bangsa, tipe ternak, jenis kelamin, umur dan pakan serta proses setelah pemotongan yaitu pelayuan, stimulasi listrik, metode pemasakan, pH karkas, bahan tambahan. Cara menentukan kualitas karkas ayam adalah salah satunya dengan melakukan uji organoleptik yang meliputi warna, terkstur/keempukkan dan bau/aroma.

Daging ayam memang merupakan sumber protein yang bisa didapat dengan mudah sehari-hari. Harga daging ayam yang lebih murah dibanding daging sapi pun membuat daging ayam lebih populer untuk dijadikan lauk-pauk sehari-hari. Cara termudah untuk mengetahui mutu daging ayam adalah melalui penampakan dan warnanya. Untuk ayam utuh penampakan dan warna yang terlihat adalah pada bagian kulit luarnya saja. Ayam utuh yang berkualitas baik memiliki warna kulit putih agak kekuningan, kulit utuh, tidak memar, tidak sobek dan tidak terdapat goresan. Warna normal daging dada ayam dalam kondisi mentah adalah pink pucat, sedangkan warna paha dan lengan adalah merah gelap. Jika daging tidak lagi memiliki penampakan dan warna yang tersebut tadi, maka harap waspada, karena bisa jadi ada masalah dengan kualitas dan mutu dagingnya.

Tekstur daging ayam dapat di rasakan dengan cara menekan permukaan daging dengan menggunakan jari. Daging ayam yang baik mempunyai tekstur yang padat, kompak dengan daging yang tebal. Antara kulit dan daging terdapat lapisan lemak yang menyebar merata. Tidak ada tulang yang patah atau bagian-bagian yang memar dan lunak.

Anda bisa menyimpan daging karkas ayam yang masih utuh ke dalam lemari es. Namun sebelum Anda menyimpannya ke dalam lemari es Anda harus mengetahui bagaimana cara menyimpannya. Cara pertama adalah buang pisahkan daging karkas dengan lemaknya terutama bagian kulit, kemudian pisahkan lemak tersebut menggunakan plastik yang lainnya. Bungkus karkas ayam yang utuh menggunakan plastik warp agar ayam tidak terkontaminasi dengan zat lainnya yang ada di dalam lemari es. Kemudian masukkan ke dalam freezer untuk penyimpanan yang lama.

Di kota-kota besar seperti di Surabaya banyak ditemukan Supplier Ayam Surabaya dengan kualitas dan harga yang terjangkau. Kualitas produk ayam terbaik dan higienis serta akan melayani konsumen dari pembelian sedikit hingga pembelian banyak.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s