MEMILIH DAGING YANG BAIK UNTUK DIKONSUMSI

Daging merupakan otot hewan yang tersusun dari serat-serat yang sangat kecil, masing-masing berupa sel memanjang yang disatukan oleh jaringan ikat, membentuk berkas ikatan yang pada kebanyakan daging jelas kelihatan lemak pembuluh darah dan urat syaraf. Bila potongan daging diamati secara teliti maka tampak dengan jelas bahwa daging terdiri atas tenunan yang terdiri atas air, protein, tenunan lemak dan potongan tulang.

Daging berkualitas baik ditentukan oleh faktor perlakuan sebelum dan sesudah penyembelihan. Beberapa faktor sebelum penyembelihan yang mempengaruhi kualitas daging adalah tipe ternak, jenis kelamin, serta umur, dan pakan. Daging memiliki cita rasa yang enak di lidah pengkonsumsinya. Hal ini dikarenakan adanya marbling dalam daging tersebut. Marbling menjadikan daging terasa empuk karena berperan sebagai bahan pelumas pada saat daging dikunyah dan ditelan, juga berpengaruh terhadap sari minyak dan aroma keempukan daging tersebut.

Untuk memilih daging yang baik perlu diperhatikan hal-hal berikut: warna, keempukan dan tekstur, flavor dan aroma termasuk bau atau rasa, jus daging, marbling, susut masak, retensi cairan, dan pH daging. Sedangkan untuk mengukur mutunya, daging dapat diketahui dari keempukannya yang dapat dibuktikan dengan sifatnya yang mudah dikunyah.

Selain itu terdapat Perbedaan Daging Khas Sapi dengan Rawisan Daging Sapi. Daging khas sapi ialah daging yang banyak diminati oleh masyarakat luas. Daging sapi yang asli memiliki ciri-ciri sebagai berikut dagingnya berwarna merah terang dan lemaknya berwarna kekuningan, tekstur dagingnya kenyal, dan biasanya daging sapi dijual dengan cara digantung. Di Indonesia daging sapi dapat diolah menjadi berbagai macam jenis menu makanan. jika diolah dengan baik, daging hewan berkaki empat ini dapat menjadi makanan dengan cita rasa lezat. Makanan dari olahan daging sapi diantaranya yaitu rendang, steak, bakso, dendeng, sate, semur, empal dll. sedangkan rawisan daging sapi yaitu daging dengan otot yang biasa digunakan untuk masakan yang berkuah seperti pada makanan rawon.

Surabaya merupakan kota besar yang terdapat banyak Supplier Daging Sapi Di Surabaya. Seperti halnya kami berkah kulina nusantara akan menyediakan berbagai jenis daging sapi dengan harga murah dan kualitas terbaik. harga mulai dari 90rb/kg Adapun cara agar daging sapi awet dan tetap segar yaitu jangan dicuci sebelum disimpan, Cara menyimpan daging yang benar yakni dalam ukuran kecil-kecil. simpan daging dalam kulkas yang sejuk selama 4-5 jam, setelah itu baru masukkan ke dalam freezer.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s