Tips Buat Anda yang Mau Membuka Agen Sembako

Di era globalisasi saat ini, perkembangan di dunia bisnis semakin pesat. Dalam perkembangan jaman dan perkembangan teknologi yang maju ini, menimbulkan banyaknya persaingan yang kompetitif dan menutut perusahaan. Sama halnya dengan usaha agen sembako semakin hari semakin bertambah peminatnya baik itu pedasaan ataupun di perkotaan. Apalagi di Surabaya yang merupakan kota terbesar ke 2 di Indonesia terdapat banyak Supplier Sembako Surabaya, baik itu Supplier Beras Surabaya, Supplier Gula Surabaya, Agen Beras Surabaya, dan lain-lain.

Banyaknya Supplier sembako, dikarenakan mengingat sembako merupakan kebutuhan hidup manusia yang akan terus dicari, sehingga usaha ini sangatlah berkembang cukup pesat.
Bagi Anda yang mau berencana atau baru memulai membuka usaha agen sembako, alangkah baiknya mempertimbangkan berbagai hal. Mengingat kondisi yang akan datang dipenuhi dengan ketidakpastian, maka diperlukan pertimbangan-pertimbangan tertentu untuk memulai suatu usaha/bisnis, dimana dasar dari pertimbangan-pertimbangan tersebut. Berikut ini tips-tips untuk membuka agen sembako:
1. Perencanaan Usaha yang matang
Perencanaan usaha merupakan rencana tertulis yang menjelaskan tentang bagaimana suatu kegiatan bisnis dilakukan agar tujuan yang telah ditetapkan dapat dicapai. Perencanaan usaha yang matang bertujuan agar dapat membawa usaha berhasil mencapai tujuan yang diharapkan.
2. Modal
Pada dasarnya modal sangat dibutuhkan untuk membuka suatu usaha. Pastikan merencanakan modal dengan baik, hal ini bertujuan agar tidak terjadi kerugian yang seharusnya dapat dicegah dari awal.
3. Lokasi
Yang dimaksud dengan lokasi disini yaitu lokasi untuk membuka usaha. Apabila untuk membuka usaha, sebaiknya lokasi agen strategis yang mudah dijangkau oleh masyarakat.
4. Produk
Produk merupakan barang-barang yang ada dan disediakan di toko untuk dijual. Produk yang disediakan di toko harus ditata dengan baik agar dapat menarik perhatian konsumen untuk membeli. Sebagai agen sembako, seharusnya produk yang dijual haruslah lengkap.
5. Promosi
Promosi merupakan salah satu kegiatan yang harus dilakukan bagi yang memiliki usaha dalam rangka mewujudkan tujuan usaha, terutama tujuan yang bersifat ekonomis yaitu mengembangkan usahanya agar memperoleh laba yang maksimun dan menjaga kelangsungan hidup usahanya. Pemasaran yang biasanya dipakai yaitu sistem tradisional yang mana dilakukan dengan promosi dari mulut ke mulut.Namun kini beralih promosi dilakukan dengan internet yaitu menggunakan social media sebagai pemasaran.
6. Pelayanan
Pelayanan merupakan suatu kegiatan atau urutan kegiatan yang terjadi dalam interaksi langsung antara seseorang dengan orang lain atau mesin secara fisik, dan menyediakan keputusan pelanggan. Pelayanan yang baik dapat menjadi nilai tambah tersendiri dan dapat membentuk ciri khas tersendiri di mata pelanggan. Oleh karena itu sebaiknya untuk membuka suatu usaha sebaiknya melayani pelanggan dengan ramah, tepat dan cepat sehingga hal ini menciptakan rasa kepuasan pelanggan dan berdampak pembelian ulang.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s