Perbedaan Mutton dan Lamb

Daging kambing adalah daging yang dihasilkan dari kambing (Capra aegagrus). Enam persen daging yang diperdagangkan di dunia adalah daging kambing, dan lebih dari 70 % penduduk dunia memakan daging kambing. Tingkat   konsumsi daging kambing di Indonesia meningkat seiring dengan pertumbuhan    dan perkembangan penduduk serta bertambahnya pengetahuan masyarakat akan mengkonsumsi daging.

Adapun karakteristik daging kambing yaitu memiliki serat yang halus dan  lembut, daging kambing memiliki warna lebih gelap dibanding warna daging sapi,  lemak  daging  kambing  keras  dan  kenyal  serta  berwarna  putih  kekuningan, serta mempunyai  bau  yang  lebih  keras  jika  dibandingkan  dengan  daging sapi. Daging kambing umumnya memiliki rasa yang kuat, namun hal ini amat tergantung bagaimana kambing tersebut dibesarkan. Selain itu daging  kambing  memiliki protein  16,6%, kalori  sebesar  154  kkal, dan lemak  9,2%

Memilih daging kambing dengan kualitas yang baik   sangat   penting,   guna mendapatkan  cita  rasa  masakan  yang  sedap.  Hasil  daging  dengan  kualitas yang baik  dipengaruhi  oleh  beberapa  faktor  yaitu,  umur  ternak,  bangsa,  pakan,  kondisi ternak sebelum dipotong, cara pemotongan dan hal-hal lain. Selain itu juga perlu diperhatikan mengenai kandungan gizi dari daging yang dikonsumsi.

Klasifikasi daging kambing berdasarkan umur dan jenis kelamin2 (dua) macam yaitu mutton dan lamb.

  1. LAMB

Lamb (muda) yang berasal dari kambing/domba berumur dibawah satu tahun yang belum dewasa kelamin dan belum terdapat gigi seri permanent. Daging Anak Bebiri berumur kurang dari setahun; dalam lingkungan 4-12 bulan sudah disembelih untuk tujuan catering dan sebagainya. Apabila dagingnya diproses di bawah usia setahun, daging kambing jenis ini menjadi sangat lembut, juicy, dan tersangat kurang lemak.  Daging lamb sangat sesuai dan cocok bagi tujuan menyediakan daging untuk BBQ atau kambing guling kerana rasanya sedap, lembut dan juciy.

Lamb memiliki karakteristik warna yang lebih cerah yang bermula dari merah jambu kepada merah pucat. Selain itu dari segi rasa, lamb memiliki rasa yang sederhana, sehingga menjadikannya serbaguna karena tidak telalu kuat. Namun dari segi harga, lamb biasanya lebih mahal daripada mutto. Hal tersebut dikarenakan lamb memiliki kualitas yang lebih baik. Daging lamb biasanya dijual di berbagai pasar dan Supplier Daging Kambing.

  1. MUTTON

Mutton adalah istilah yang diberikan kepada kambing biri-biri dewasa, yang berusia 1 tahun dan ke atas. Daging mutton ini memiliki tekstur yang agak keras daripada lamb. Daging Bebiri lebih tua dimana lebih pejal (keras) dan lebih. Mutton lebih sesuai untuk dimasak seperti gulai, kari, stew, sup, atau masakan yang dapat dimakan dengan nasi arab.

Pada dasarnya kejenis dua daging kambing ini baik lamb dan mutton memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri dan tergantung selera masing-masing serta masakan yang mau dimasak. Jadi, Anda termasuk menggunakan jenis daging lamb atau mutto? Sekiranya, Apabila Anda ingin mendapatkan daging kambing lamb atau mutton dengan kualitas super. Anda bisa beli Supplier Sembako Surabaya. Supplier Sembako Surabaya menyediakan berbagai kebutuhan pokok termasuk daging kambing baik itu lamb dan mutton, selain itu Supplier Sembako Surabaya juga menjadi Supplier Daging Kambing terkenal bahkan terbaik di daerah Surabaya dan Sidoarjo.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s