Konsumsi Jamur Berbahaya Tidak ya?

Jamur sudah dikonsumsi sejak lama, baik sebagai makanan maupun untuk bahan pembuatan obat tertentu, karena tumbuhan ini memang kaya akan nutrisi. Namun, mengonsumsi jamur tidak selalu baik untuk tubuh, karena ada beberapa jamur yang bersifat racun. Untuk mengenal lebih jauh mengenai manfaat jamur bagi kesehatan, beserta potensi risikonya, simak ulasannya berikut ini.

Jamur memiliki citarasa yang lezat dan unik, sehingga kebanyakan orang menyukainya. Untuk memasak jamur, kita tak perlu khawatir akan tak enak rasanya, sebab jamur seolah telah memiliki penyedap alami yang ekstra. Walaupun hanya ditumis secara sederhana, jamur tetap nikmat dilidah.

Manfaat jamur bagi kesehatan adalah melindungi tubuh dari beragam penyakit dan infeksi, karena jamur banyak mengandung protein, vitamin dan mineral, asam amino, antioksidan hingga  antibiotik alami.

Jamur memiliki nama ilmiah “Agaricus” umum, namun untuk spesies yang berbeda namanya juga berbeda. Jamur pada dasarnya digolongkan kedalam keluarga saprophytes, organisme /tanaman tanpa klorofil yang berkembang biak dengan mengekstraksi nutrisi dari tanaman yang mati dan telah membusuk. Di antara banyak jenis jamur yang ada, 5 jenis jamur di bawah ini tidak berbahaya dan dapat dikonsumsi dan berkhasiat bagi kesehatan.  Jamur memiliki warna yang sangat bervariasi, termasuk tekstur, bentuk dan sifat. Jamur konsumsi yang banyak kita kenal diantaanya, jamur merang, jamur kancing, jamur kuping, jamur kayu, jamur tiram putih dll.

  1. Jamur Tiram

Jamur Tiram (Pleurotus ostreatus) memiliki bentuk yang menyerupai cangkang kerang laut atau tiram. Jamur tiram dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah anemia, sehingga kita tidak mudah terserang penyakit.

  1. Jamur Kancing

Karena bentuknya bulat seperti kancing, maka dinamai jamur kancing. Jamur kancing atau Agricus bisporus sudah dikembangbiakkan di Prancis pada abad ke -17.Jamur ini sering dijadikan masakan karena memiliki rasa yang enak dan mengandung vitamin serta mineral yang dibutuhkan tubuh.

  1. Jamur Shiitake

Jamur ini sangat terkenal di negara Jepang, Korea Selatan, dan Tiongkok. Jamur yang memiliki nama ilmiah Lentinus edodes memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh jika dimakan. Jamur ini dapat melancarkan  darah beredar ke seluruh tubuh dan meningkatkan energi, serta dapat mencegah penuaan dini.

  1. Jamur Merang

Jamur merang atau Volvariella volvaceae ini cocok hidup di daerah yang beriklim tropis atau subtropis. Makanya banyak dibudidayakan di Asia Timur dan Asia Tenggara.

  1. Jamur Kuping

Jamu kuping yang bentuknya mirip kuping ini terdiri dari tiga jenis, yaitu jamur kuping putih (Tremella fuciformis), jamur kuping hitam (Auricularia polytricha) dan jamur kuping merah (Auricularia auricula-judae). Ketiga jenis jamur ini juga sering dijadikan olahan makanan yang lezat dan bergizi. Jika dimakan, jamur kuping dapat mengurangi penyakit panas dalam, mengurangi rasa sakit pada kulit karena luka bakar, mengatasi darah tinggi atau hipertensi, kekurangan darah atau anemia, dan mengobati penyakit ambeien.

Karena kandungan kalorinya rendah, dan banyak manfaat dalam pengonsumsiannya jamur ini boleh dimakan sekehendak hati atau bebas tanpa memperhitungkan banyaknya. Justru makin banyak akan membuahkan hasil makin bagus pada kesehatan badan / jasmani manusia. Nah untuk itu jangan pusing untuk mendapatkan jamur-jamur tersebut dengan harga murah, sekarang tersedia Supllier Jamur di surabaya-Sidoarjo. Untuk info lebih lanjut bisa hubungi nomor telfon yang tertera yaaa. terimakasih

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s