Daging Giling Serbaguna Menjadi Aneka Olahan Masakan

Salah satu bahan pangan yang memiliki kandungan gizi lengkap dan sering diolag menjadi berbagai macam makanan yaitu daging. Daging sapi memiliki nilai gizi yang tinggi, terutama protein. Protein berfungsi menjadi sumber energi dalam tubuh. Daging memiliki nilai gizi tinggi yang diperlukan manusia untuk  pertumbuhan  dan perkembangan tubuh. Adapun kandungan  gizi  daging  terdiri dari  air  (56-72%), protein (15-22%), lemak (5-34%), dan substansi bukan protein   terlarut meliputi karbohidrat, garam organik, substansi nitrogen terlarut, mineral serta vitamin  sebesar 3,5%.

Banyaknya dan nilai gizi yang tinggi terdapat pada daging, mengakibatkan daging disukai oleh konsumen untuk memenuhi gizi sehari-hari. Selain itu kebutuhan protein hewani masyarakat dari tahun ke tahun terus meningkat, hak ini tentunya sebanding dengan meningkatknya jumlah penduduk dan kesadaran akan pentingnya kebutuhan gizi. Selain itu daging juga mengandung asam-asam amino essensial yang lengkap dan seimbang, serta mudah dicerna sehingga daging sapi banyak  dikonsumsi masyarakat Indonesia.

Namun tidak kalah penting, masyarakat sebagai konsumen dituntut untuk dapat memilih daging dengan kualitas yang baik. Hal tersebut berguna untuk mendapatkan cita rasa makanan yang lezat dan sedap. Kualitas daging sapi dapat diukur dengan 4 (empat) karakteristik, yaitu: marbling, warna daging, warna  lemak, dan kepadatan daging. Selain itu hasi daging dengan kualitas yang baik dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti, bangsa, umur ternak, pakan, kondisi ternak sebelum dipotong, cara pemotongan, dan lain-lain.

Salah satu bentuk diversifikasi olahan daging yakni daging giling, namun ada yang menyebutnya dengan daging cincang. Daging giling merupakan daging yang dipotong dengan sebuah alat penggiling daging sampai daging menjadi halus. Adapun daing yang biasanya digiling yaitu bagian punuk, paha depan, sandung lamur, dan samcan.

Bagi ibu rumah tangga, daging giling kerap menjadi andalan untuk bahan pangan sehari-hari. Hal ini dikarenakan daging giling, harganya lebih murah, rasanya juga tak kalah sedap dengan daging yang utuh. Selain itu daging giling serba guna untuk dibuat aneka masakan, seperti meat ball untuk spaghetti, beef patty untuk sandwich atau burger, Meatloff, Shepherded Pie, nasi goreng, tumisan, sambal goreng, dan masih banyak berbagai pilihan tergantung selera masing-masing.

Daging giling biasanya biasanya dijual segar setelah digiling, hal ini dikarenakan apabila daging giling sudah berumur satu hari harus di simpan di suhu freezer hingga daging giling menjadi beku. Daging giling biasanya tersedia di berbagai supermarket, Supplier Daging Surabaya maupun Supplier Daging Giling Surabaya. Harga daging giling yang dijual di pasaran juga bervariasi tergantung kualitas daging. Anda dapat membeli daging giling di Supplier Daging Surabaya dengan harga yang terjangkau. Selain itu Supplier Daging Giling Surabaya menyediakan dan menjual daging giling secara fresh dengan kualitas yang baik.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s