FAKTA YANG WAJIB KAMU KETAHUI TERHADAP KANDUNGAN BERAS PULEN!

Beras adalah bagian bulir padi (gabah) yang telah dipisah dari sekam. Sekam (Jawa merang) secara anatomi disebut ‘palea’ (bagian yang ditutupi) dan ‘lemma’ (bagian yang menutupi). Pada salah satu tahap pemrosesan hasil panen padi, gabah ditumbuk dengan lesung atau digiling sehingga bagian luarnya (kulit gabah) terlepas dari isinya. Bagian isi inilah, yang berwarna putih, kemerahan, ungu, atau bahkan hitam, yang disebut beras.

Beras merupakan tepung gandum dan merupakan makanan pokok. Beras bersifat serbaguna dan memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan rasa dan bumbu apapun. Sayang, tidak banyak yang tahu kandungan gizi pada beras.

Sebagaimana bulir serealia lain, bagian terbesar beras didominasi oleh pati (sekitar 80-85%). Beras juga mengandung protein, vitamin (terutama pada bagian aleuron), mineral, dan air. Pati beras tersusun dari dua polimer karbohidrat:

  1. amilosa, pati dengan struktur tidak bercabang
  2. amilopektin, pati dengan struktur bercabang dan cenderung bersifat lengket

Perbandingan komposisi kedua golongan pati ini sangat menentukan warna (transparan atau tidak) dan tekstur nasi (lengket, lunak, keras, atau pera). Ketan hampir sepenuhnya didominasi oleh amilopektin sehingga sangat lekat, sementara beras pera memiliki kandungan amilosa melebihi 20% yang membuat butiran nasinya terpencar-pencar (tidak berlekatan), pulen dan keras.

Beras pulen merupakan beras yang memiliki tekstur yang lebih lembut, lengket. Untuk memasaknya, air yang digunakan 1 berbanding 1 karena beras ini sangat mudah lembut. Beras ini banyak disukai orang karena lembut dan rasanya enak.

Berikut ini beberapa kelebihan beras pulen yang perlu kamu ketahui sebelum memasak ya gengs:

  1. Salah satu kelebihan beras pulen adalah memiliki tekstur yang lebih lembut dan banyak yang mengatakan bahwa beras pulen memiliki rasa yang lebih enak
  2. Karena rasa dan tekstur yang dimiliki, beras pulen lebih banyak disukai oleh orang banyak. Bahkan, sebagian masyarakat dunia lebih menyukai beras pulen yang lembut
  3. Selain memiliki rasa yang enak untuk langsung dimakan, beras pulen juga cocok dan enak untuk digunakan sebagai bahan membuat bubur. Bubur yang dibuat menggunakan beras pulen akan terasa lebih enak dan lebih lembut.

Di Indonesia, beras masih menjadi makanan pokok. Beras pulen yang lembut pun lebih banyak dipilih orang karena dianggap lebih enak, sehingga harganya menjadi lebih mahal. Jangan jhawatir dengan harga beras pulen yang mahal ya gengs. Tenang saja saat ini sudah tersedia Agen beras Surabaya yang bisa memberikan harga jual beras yang cukup rendah, Dan, Bisa juga menjadikan pilihan kamu untuk menjadikannya Supplier beras surabaya    langganan ya gengs, Jangan khawatir meski harga murah, kualitas yang kami sediakan tidak semurah harganya yaa.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s