Tiada Hari Tanpa Kecap

 

Kecap  merupakan  salah  satu  produk  industri  pangan  yang  digunakan  sebagai bahan tambahan  makanan  ataupun  sebagai  salah  satu  bumbu    masakan. Pada umumnya terdapat 2 (dua) jenis kecap, yakni kecap asin dan kecap manis. Tetapi pada umumnya kebanyakan masyarakat lebih menyukai kecap manis. Namun kembali lagi tergantung selera masing-masing individu. Kecap manis merupakan produk olahan dengan tekstur kental berwarna  coklat  kehitam-hitaman, serta  sebagai bahan  penyedap  makanan.

Kecap terbuat dari sari kedalai hitam yang telah difermentasi dengan menambah berbagai bahan pelengkap lainnya, seperti garam, gula merah, dan penyedap rasa. Kecap yang dibuat dengan cara  fermentasi  biasanya   mempunyai   cita rasa dan aroma yang lebih disukai konsumen. Kedelai hitam digunakan sebagai bahan baku kecap tidak hanya memanfaatkan warnanya menjadi coklat hitam, melainkan kedelai memiliki nilai gizi terutama protein. Kedelai  merupakan  bahan  pangan  sumber  protein  dan  lemak  nabati  yang sangat  penting  peranannya  bagi  tubuh  apabila  dikonsumsi.

Sebagian besar masyarakat Indonesia mengkonsumsi kecap sebagai  bahan tambahan makanan. Kecap menjadi bagian yang sangat penting dalam memberikan cita rasa pada makanan. Apalagi bagi ibu rumah tangga, yang menjadi juru masak setiap hari di rumah tentunya kecap menjadi salah satu komponen penting agar masakan menjadi lezat. Cairan kecap yang memiliki warna hitam memang tidak diragukan lagi, kecap ampuh menambah kelezatan masakan. Kecap manis memiliki arti yang penting bagi seseorang yang menyukai bercita rasa manis, hal ini tentunya mereka tidak bisa melalui hari tanpa kecap. Bahkan bagi pencinta kecap, berbagai jenis makanan yang mereka makan harus ditambah dengan kecap.

Saat ini di Indonesia kecap manis sangat disukai oleh masyarakat, sehingga kebutuhannya semakin meningkat dari tahun ke tahun. Para pemasar  bersaing dalam membuat produk kecap, dan mempromosikannya sehingga konsumen dihadapkan pada beberapa jenis kecap dengan merek, harga serta kualitas yang berbeda. Hal  ini  menyebabkan  persaingan yang terjadi di industri kecap manis semakin ketat dan masing-masing produsen menawarkan berbagai kelebihan dibandingkan  kompetitornya.

Dengan demikian, masyarakat kini telah memiliki pola pikir yang maju dan modern dalam melakukan pembelian produk bahan pangan termasuk kecap manis. Sebagaimana yang  terjadi dengan pemakaian kecap di masyarakat, secara umum memilih bentuk atau jenis kecap yang bermerk jelas tentunya memiliki kualitas yang bagus. Namun kini masyarakat tidak perlu pusing untuk membeli kecap dengan merek jelas dan kualitas yang bagus, karena dengan adanya berbagai Supplier Sembako Surabaya maupun Supplier Kecap Manis yang ada di berbagai tempat di daerah Surabaya. Masyarakat dapat membeli kecap manis di Supplier Kecap Manis secara mudah, tentunya kecap manis yang disediakan memiliki kualitas baik dengan harga yang terjangkau. Dengan demikian bagi pencipta kecap, tidak perlu khawatir karena mereka akan selalu dapat menikmati makanan dengan kecap manis setiap harinya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s