KANDUNGAN GIZI DAN MANFAAT TELUR AYAM KESEHATAN BAGI TUBUH

1

Telur merupakan salah satu bahan pangan yang berasal dari hewani. Secara umum telur ayam merupakan telur yang paling sering dikonsumsi oleh masyarakat, hal ini dikarenakan telur ayam mudah didapatkan dengan harga yang relatif murah dan  mengandung  nutrisi  yang  seimbang. Telur ayam memiliki gizi tinggi dan berguna untuk kesehatan tubuh manusia. Masyarakat Indonesia umumnya mencukupi kebutuhan protein dengan mengkonsumsi  telur ayam. Telur  merupakan  sumber  protein  hewani  yang  sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia yang berguna menjaga berlangsungnya metabolisme  tubuh. Protein telur ayam dibentuk dari susunan asam-asam amino yang sangat baik, sehingga protein hewani asal telur ayam hampir seluruhnya dapat berguna untuk pertumbuhan maupun untuk pengganti sel-sel yang rusak.

Di kalangan masyarakat, telur ayam sudah banyak dimanfaatkan untuk kebutuhan  makanan, karena  telur memiliki rasa enak. Begitu besarnya  manfaat telur ayam dalam kehidupan manusia sehingga telur sangat dianjurkan untuk dikonsumsi anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan, ibu  hamil  dan  menyusui,  orang  yang  sedang  sakit atau dalam proses penyembuhan, serta usia lanjut. Selain digunakan untuk lauk dengan cara digoreng atau direbus, bahan membuat omelet, dan martabak, telur juga digunakan untuk bahan pembuatan adonan roti, obat dan sebagainya.

Sebutir telur ayam didapatkan gizi yang cukup sempurna karena  mengandung  zat-zat  gizi yang  lengkap  dan  mudah  dicerna. Adapun kandungan gizi per 100 gram telur ayam yaitu 143,00 Energi (kkal), 12,58, Protein (g), 9,94 Total lemak (g), 0,77 Karbohidrat (g), 53,00 Kalsium/Ca (mg), 1,83 Besi/Fe (mg), 12,00 Magnesium/Mg (mg), 191,00 Fosfor/P (mg), 134,00 Kalium/K (mg) 140,00 Natrium/Na (mg), 1,11Seng/Zn (mg), 0,10 Tembaga/Cu(mg), 0,04 Mangan/Mn (mg), 0,07 Thiamin (mg), 0,48 Riboflavin (mg), 0,07 Thiamin (mg), 0,48 Riboflavin (mg) 0,07 Niasin (mg), 1,44 Asam Panthothenat (mg), 0,14 Vitamin B6 (mg), 0,97 Vitamin E (mg), 423,00, Kolesterol (mg), 1,29 Vitamin B12 (mkg), 31,70 Selenium/Se (mkg), 0,30 Vitamin K (mkg), 487,00 Vitamin A (IU).

Mengingat  betapa  pentingnya keberadaan telur ayam bagi  masyarakat luas,  maka perlu diterapkan sistem peternakan yang sehat dan terkelola  dengan  baik. Mulai dari pemilihan bahan-bahan yang berkualitas sebagai perlengkapan ternak, pemilihan bibit-bibit ayam yang sehat, penyediaan pakan ternak yang memiliki kandungan nutrisi, pengelolaan lingkungan yang bersih. Selain itu usaha perbaikan dalam menajemen perawatan ayam yang baik sehingga dapat menghasilkan produksi telur ayam dengan kualitas dan kuantitas yang baik yang nantinya akan dikonsumsi masyarakat luas.

Pada umumnya telur ayam mudah didapatkan baik itu pasar swalayan maupun tradisional dengan harga yang bervariasi. Untuk mendapatkan telur ayam yang berkualitas dan kuantitas yang baik yang tentunya bermanfaat bagi kesehatan tubuh, Anda dapat membeli telur ayam di Supplier Telur Surabaya. Agen Telur Surabaya menyediakan telur ayam dengan kualitas baik dengan harga terjangkau.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s